Telinga Sakit Saat Menguap? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

telinga sakit saat menguap

Telinga sakit saat menguap menjadi kondisi yang cukup sering dialami. Tentunya ini akan mengganggu kenyamanan kita. Nah, lalu kenapa telinga bisa sakit saat sedang menguap? Apakah hal itu bisa berbahaya bagi kesehatan? Yuk simak ulasan lengkapnya di artikel ini!

Menguap adalah salah satu tindakan refleks yang dilakukan oleh tubuh kita sehari-hari. Melansir dari beberapa sumber, berikut alasan kenapa saat menguap telinga terasa sakit, diantaranya:

Penyebab Telinga Sakit Saat Menguap

1. Saluran Eustachius

Saluran Eustachius adalah saluran kecil yang menghubungkan telinga tengah dengan tenggorokan. Saluran ini memiliki fungsi untuk menjaga tekanan udara pada kedua sisi gendang telinga agar tetap seimbang.

Ketika kita menguap, otot-otot di sekitar saluran Eustachius bisa terkontraksi atau melebar secara tiba-tiba, dan saat itulah kita mungkin merasakan sensasi tidak nyaman atau bahkan rasa sakit pada telinga.

2. Perubahan Tekanan Udara

Ketika kita menguap, mulut akan terbuka lebar dan udara masuk ke dalam tenggorokan dengan cepat. Perubahan tekanan udara ini juga memengaruhi telinga tengah melalui saluran Eustachius.

Jika perubahan tekanan udara terjadi terlalu cepat atau terlalu kuat, hal ini bisa menyebabkan perbedaan tekanan antara telinga bagian luar dan telinga bagian tengah. Sehingga, dapat memicu rasa sakit di telinga.

3. Adanya Infeksi atau Peradangan

Selain perubahan fisik, infeksi telinga tengah atau peradangan di saluran Eustachius juga bisa menjadi penyebab telinga sakit saat menguap.

Infeksi seperti otitis media atau peradangan akibat flu atau alergi dapat membuat saluran Eustachius menjadi meradang. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit yang lebih intens ketika menguap.

4. Kesalahan Teknik Menguap

Terakhir, teknik menguap yang kurang tepat juga bisa berperan dalam menyebabkan rasa sakit pada telinga.

Saat kita menguap dengan sangat kuat atau membuka mulut terlalu lebar, tekanan udara dapat berubah secara ekstrem dan memengaruhi keseimbangan tekanan di telinga.

Baca Juga: Posisi Tidur Saat Telinga Berdenging.

Cara Mengatasi Telinga Sakit Saat Menguap

Terdapat berbagai solusi yang dapat membantu mengurangi bahkan mengatasi rasa sakit ini, beberapa diantaranya:

1. Mengendalikan Teknik Menguap

Sebagian besar dari kita mungkin tidak menyadari bahwa teknik menguap yang salah dapat menyebabkan rasa sakit pada telinga.

Untuk menghindari hal ini, cobalah untuk menguap dengan lembut tanpa membuka mulut terlalu lebar. Ini akan mengurangi perubahan tekanan udara yang tiba-tiba pada saluran Eustachius.

2. Menempelkan Plester Hangat atau Balsam

Melansir dari laman Healthline, yang menyatakan bahwa cara mengatasi rahang sakit saat menguap bisa menggunakan koyo atau balsam di area yang sakit.

3. Kompres Air Hangat

Cobalah untuk mencelupkan handuk atau waslap kecil ke dalam baskom berisikan air hangat. Kemudian peras dan tempelkan ke bagian telinga yang terasa sakit.

Hal ini juga berlaku untuk mengatasi rahang sakit saat menguap. Kita bisa mengompres pada area rahang yang terasa nyeri.

Hindari air yang terlalu panas karena dapat menyebabkan iritasi kulit ringan.

4. Hindari Mengorek Telinga

Hindari mengorek-ngorek telinga sembarangan saat telinga sakit, termasuk menekan secara berlebihan pada telinga yang nyeri. Hal ini karena kebiasaan tersebut bisa memicu keadaan yang lebih parah.

5. Konsultasi dengan Spesialis THT

Jika rasa sakit pada telinga saat menguap menjadi masalah yang terus berlanjut atau sangat mengganggu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan).

Mereka dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh dan memberikan solusi yang sesuai, termasuk pengobatan medis jika diperlukan.

Telinga sakit saat menguap mungkin merupakan masalah yang sepele. Namun, bisa sangat mengganggu kenyamanan sehari-hari.

Dengan pemahaman tentang penyebabnya dan langkah-langkah sederhana untuk mengatasinya, kita dapat mengurangi ketidaknyamanan tersebut.

Untuk mencegah rasa sakitnya, disarankan juga untuk menghindari paparan infeksi seperti flu, batuk, atau pilek dengan menjaga kebersihan tangan dan menghindari kontak dekat dengan orang yang sakit.

Selain itu, perhatikan kesehatan telinga dengan menjauhi paparan suara keras dan menjaga kebersihan telinga dengan cara yang benar.

Bagikan ke:
Photo of author

Dian Malam Sari

Tinggalkan komentar