Penyebab Kenapa Leher Sakit Saat Bangun Tidur dan Mengatasinya

Leher Sakit Saat Bangun Tidur

Pagi yang cerah seharusnya menjadi momen menyegarkan dan memberikan semangat baru untuk memulai hari.

Namun, sebagian orang justru mengalami kondisi leher sakit saat bangun tidur, di mana kondisi ini tentu membuat tidak nyaman. Sehingga, dapat mempengaruhi produktivitas dan aktivitas sehari-hari.

Bukan hanya terjadi pada leher, ada juga yang mengalami leher dan pundak sakit saat bangun tidur. Apa yang sebenarnya terjadi pada leher kita saat kita tidur? Dan apa yang dapat kita lakukan untuk mengatasi ketidaknyamanan ini?

Yuk ketahui mengenai faktor penyebab leher sakit setelah bangun tidur dan memberikan tips praktis yang dapat membantu kita meredakannya.

Mari kita bersama-sama menjaga kesehatan leher kita agar kita dapat menikmati tidur yang nyenyak dan memulai setiap pagi dengan segar dan bugar!

Kenapa Leher Sakit Saat Bangun Tidur?

Leher yang sakit setelah tidur bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang berbeda. Beberapa diantaranya adalah:

1. Postur Tidur yang Buruk

Salah satu penyebab utama leher yang sakit saat bangun tidur adalah postur tidur yang buruk.

Posisi tidur yang tidak sejajar dengan tulang belakang dapat menyebabkan otot-otot leher tegang dan ketegangan pada persendian leher.

Kondisi ini dapat menyebabkan ketegangan hingga leher menjadi sakit saat bangun tidur.

2. Ketegangan Otot

Ketegangan otot pada area leher juga dapat menyebabkan leher hingga pundak sakit saat bangun tidur.

Faktor-faktor seperti stres, kelelahan fisik, atau aktivitas fisik yang berlebihan sebelum tidur dapat menyebabkan otot-otot leher menjadi tegang dan kaku.

3. Kualitas Bantal dan Kasur yang Buruk

Bantal dan Kasur yang tidak tepat dapat menjadi penyebab lain dari rasa sakit pada leher.

Bantal yang terlalu keras, terlalu empuk, terlalu tinggi, atau terlalu rendah tidak akan memberikan dukungan yang optimal pada leher.

Sedangkan, kasur yang terlalu keras atau terlalu lembut tidak memberikan dukungan yang memadai untuk leher dan tulang belakang.

Akibatnya, leher menjadi tegang dan ketidaknyamanan muncul saat kita bangun tidur.

4. Cedera atau Trauma

Terkadang, leher sakit sebelah kiri saat bangun tidur juga dapat disebabkan oleh cedera pada leher, misalnya akibat kecelakaan atau olahraga yang berlebihan.

Cedera pada leher dapat mempengaruhi struktur dan jaringan di area tersebut sehingga menyebabkan ketidaknyamanan saat tidur.

5. Kondisi Medis Tertentu

Beberapa kondisi medis seperti osteoarthritis, hernia cakram, radang sendi, atau sindrom leher terjepit (pinched nerve) di leher kiri dapat menyebabkan rasa sakit pada sisi tersebut setelah tidur.

Kondisi-kondisi ini mempengaruhi struktur dan fungsi leher, menyebabkan peradangan, tekanan, atau gangguan saraf yang menghasilkan rasa sakit.

Jika leher sakit sebelah kiri saat bangun tidur dan terjadi secara teratur dan berlanjut, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

Cara Mengatasi Sakit Leher Saat Bangun Tidur

Cara Mengatasi Sakit Leher Saat Bangun Tidur

Setiap orang pasti pernah mengalami leher yang terasa kaku dan sakit setelah bangun tidur.

Meskipun tampak sepele, rasa sakit pada leher setelah tidur bisa menjadi masalah yang cukup serius jika tidak ditangani dengan benar.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu mengatasinya:

1. Perhatikan Posisi Tidur yang Benar

Salah satu penyebab umum leher sakit setelah bangun tidur adalah postur tidur yang buruk.

Saat kita tidur dengan posisi yang tidak tepat, seperti dengan kepala terlalu tinggi atau terlalu rendah, tekanan berlebihan dapat diberikan pada leher.

Posisi tidur yang tidak alami dapat menyebabkan ketegangan pada otot-otot leher dan memicu rasa sakit ketika kita bangun tidur.

Usahakan untuk tidur dengan posisi yang alami, menjaga leher dan kepala dalam posisi yang nyaman. Posisi tidur yang ideal adalah dengan kepala sejajar dengan tulang belakang.

2. Pilih Bantal yang Tepat

Bantal yang tepat dapat membantu menjaga leher dalam posisi yang alami dan nyaman.

Pilih bantal yang mendukung leher kamu dengan baik dan mempertahankan posisi tulang belakang yang sejajar.

Bantal bertekstur lembut seperti memory foam atau bantal bulu dan bantal orthopedi yang dirancang khusus untuk leher dapat menjadi pilihan yang baik.

3. Lakukan Peregangan Leher

Sebelum tidur dan setelah bangun tidur, kamu bisa lakukan peregangan leher yang ringan.

Gerakan peregangan leher seperti memutar leher secara perlahan, mengangkat dan menurunkan bahu, serta miringkan kepala ke samping dapat membantu mengurangi ketegangan otot leher dan meningkatkan fleksibilitas.

4. Kompres Hangat

Sebelum tidur, aplikasikan kompres hangat atau mandi air hangat. Kamu juga bisa menggunakan bantal penghangat sebagai gantinya.

Hal ini dapat membantu merelaksasi otot-otot leher dan mengurangi ketegangan yang menyebabkan rasa sakit.

5. Kompres Air Dingin

Kamu bisa lakukan kompres menggunakan air dingin selama 15 hingga 20 menit pada area leher yang sakit.

Hal tersebut bisa membantu meredakan peradangan pada otot leher.

Baca Juga: Penyebab Kenapa Bangun Tidur Badan Sakit Semua.

6. Perhatikan Postur Sehari-hari

Selain posisi tidur, postur yang buruk sepanjang hari juga dapat berkontribusi pada sakit leher.

Pastikan kamu menjaga postur tubuh yang baik saat duduk, berdiri, atau melakukan aktivitas sehari-hari lainnya. Hindari membungkuk terlalu lama.

7. Berkonsultasilah dengan Profesional Medis

Jika sakit leher saat bangun tidur berlanjut atau semakin parah.

Terlebih jika disertai dengan gejala lain yang mengkhawatirkan, seperti nyeri yang tak tertahankan, kelemahan, atau kesemutan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli terkait.

Agar mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang sesuai.

Leher Sakit Setelah Bangun Tidur? Tingkatkan Kualitas Tidurmu dengan Dipslipy

Madu DIPSLIPY - Obat tidur herbal yang aman

Untuk membantumu meningkatkan kualitas tidur (bangun tidur jadi lebih segar), kamu bisa minum Madu Dipslipy yang sudah terbukti ampuh untuk membuat tidur menjadi lebih mudah dan nyenyak sehingga saat bangun lebih segar.

Madu Dipslipy terbuat dari 100% bahan-bahan herbal seperti madu hutan, ekstrak bunga chamomile, ekstrak biji pala, ekstrak lemon balm serta ekstrak akar valerian.

Sangat man untuk dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping ataupun ketergantungan. Terlebih, Madu Dipslipy sudah mendapatkan izin edar dari BPOM dan sertifikat Halal MUI.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir ya!

Demikian, beberapa informasi mengenai faktor penyebab leher sakit saat bangun tidur dan cara yang bisa kamu lalukan untuk mengatasi leher sakit saat bangun tidur.

Baca Juga Artikel Lainnya: Posisi Tidur Saat Pilek Mampet.

Bagikan ke:
Photo of author

Dian Malam Sari

Tinggalkan komentar